Pages

Jumat, 20 Agustus 2010

Cerita film Mama Wa Mukashi Papa Datta





Karakter :

  • Odani Hitomi : dahulu ia adalah laki-laki bernama Hitoshi. Dia menjalani operasi pergantian gender dan menjadi perempuan, tapi masih seorang laki-laki pada daftar sensus. Dia bekerja sebagai driver pelatih jarak jauh saat dia mengangkat anak-anaknya.
  • Makiko Ueno : Hitomi mantan istri dan ibu nyata Shun dan Ryo. Mereka bercerai 7 tahun yang lalu.Dia berharap untuk memimpin anak-anaknya.
  • Arima Yuji : Odani keluarga tetangga dan manajer supermarket. Seorang duda yang memiliki anak, Yuka. Dia bingung oleh masa lalu Hitomi
  • Kikuchi (Lawyer) : Teman sekelas Arima Yuji saat di SMA . Dia adalah seorang pengacara hak asasi pro-manusia yang juga menangani masalah pada gangguan identitas jenis kelamin.
  • Odani Satoshi : Hitomi ayah. Dia mengungkapkan pemahaman untuk pilihan anaknya dan berdoa dengan Sawako.
  • Odani Sawako : Hitomi ibu. Dia keras kepala menolak untuk menerima bahwa anaknya telah menjalani operasi pergantian gender.

Odani Hitomi adalah seorang ibu yang memiliki dua putra, Shun dan Ryo, shun adalah seorang siswa sekolah dasar kelas 6 sedangkan Ryu adalah siswa sekolah dasar kelas 3. Sebelum Hitomi menjadi seorang ibu single parents yang membesarkan kedua putranya, dia adalah seorang “ayah” yang bernama Hitoshi . Hitoshi memiliki gangguan identitas gender. Gangguan ini terjadi sudah lama. Menurut orang tuanya perilaku Hitoshi mulai telihat aneh ketika berumur 3 tahun. Saat berumur 3 tahun, Hitoshi pernah mengurung diri didalam kamar mandi dan berusaha memotong kemaluannya. Semakin bertambah usia, Hitoshi semakin merasakan bahwa di dalam dirinya seperti sosok perempuan yang terperangkap dalam tubuh pria.

Hitoshi akhirnya bertemu dengan seorang wanita bernama Makino Ueno. Hitoshi memutuskan untuk menikahi Makino dan melakukan program bayi tabung untuk mendapatkan keturunan. Namun ternyata hasrat wanita dalam diri Hitoshi tidak dapat menghilang, bahkan semakin menjadi sampai puncaknya ketika Makino sedang menyusui anaknya yang ke 2 yaitu Ryu, Hitoshi memotong urat nadinya karena tidak tahan untuk menyembunyikan keinginannya untuk menyusui juga. Akhirnya Hitoshi menceritakan semuanya pada Makino. Dia kemudian menceraikan istrinya dan menjalani operasi pergantian gender dan menjadi seorang wanita yang kemudian merubah namanya menjadi Hitomi. Ayah Hitomi menerima perubahan tersebut akan tetapi ibunya menentang pergantian gender yang dilakukan oleh Hitomi. Hitomi berusaha membesarkan dua anak laki-laki sebagai “ ibu” setelah bercerai dengan Makino.

Putra tertuanya, Shun, adalah seorang pemain baseball yang bermain di Liga Little. Setiap akhir pekan, Hitomi bersama dengan putra keduanya, Ryo, mendukung dan menemani setiap Shun latihan bermain baseball. Suatu hari, Arima Yuji dan Yuka putrinya, yang baru saja pindah dan menjadi tetangga di apartemennya, datang untuk menonton latihan Shun juga. Ketika mereka tiba di lapangan,orang tua dari para pemain yang mengetahui jati diri Hitomi yang sebenarnya, mereka meminta Hitomi untuk mengeluarkan Shun dari tim baseball. Para orang tua dari anak-anak lain sering mengatakan kata-kata yang menyakitkan seperti "Pendidikan anak Anda buruk” atau "Anda membuat kita sakit", hal itu sudah biasa terdengar oleh Hitomi, tetapi Hitomi berusaha meyakinkan para orang tua bahwa anaknya normal.

Atas permintaan para orang tua, pelatih membatalkan latihan baseball dan mengeluarkan Shun dari timnya. Shun hanya diam dan menutup mulutnya. Hitomi menangis sendirian dan frustrasi. Saat itu Arima tidak mengerti apa yang terjadi pada Hitomi sehingga hitomi memberitahukan kepadanya tentang sejarah dirinya. Setelah mendengar semua itu, Arima sangat kaget dan tidak dapat berbicara sepatah katapun, akan tetapi walaupun Arima terlihat kebingungan, ia tidak dapat memaafkan perbuatan para orang tua itu yang telah berprasangka buruk terhadap Hitomi dan Shun. Hal ini mendorong Arima dan Yuji untuk membantu keluarga Hitomi mendapatkan pengakuan dan perlindungan hukum dari pemerintah. Konflik demi konflik terjadi diantara Hitomi, Shun dan Ryu. Shun yang mulai beranjak remaja bingung dan menarik diri dari Hitomi karena merasa berbeda dari teman-temannya sehingga dia kabur dari rumah dan menginap di rumah Makino. Shun marah dan tidak mau pulang, Hitomi memohon agar Shun pulang dan berkumpul lagi bersama Ryu dan dirinya.

Shun akhirnya menjelaskan & membujuk Ryu bahwa ibu kandung mereka ingin sekali Ryu ikut dengan Shun dan tinggal bersamanya, Ryu bingung dan berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Ryu akhirnya datang menemui ibu kandungnya dan meminta ibu kandungnya untuk memohon agar dapat membujuk Shun pulang kembali ke rumah. Akhirnya Shun kembali ke rumah dan memutuskan untuk bergabung dengan klub baseball yang lain yang dapat menerima dirinya dan keluarganya. Atas kejadian itu, hubungan Hitomi dan Makino membaik dan mereka menjadi teman yang saling membantu satu sama lainnya. Masalah selanjutnya yang diterima Hitomi adalah permasalahan dari pekerjaannya. Hitomi bekerja sebagai sopir bis jarak jauh dimalam hari. Pemilik perusahaan bus tersebut telah mengetahui masalah gender yang menimpa Hitomi dan menerima Hitomi dengan baik, akan tetapi rekan-rekan kerja Hitomi yang mayoritas adalah laki-laki mulai melecehkan Hitomi. Akhirnya Hitomi memutuskan mengundurkan diri dan mencari pekerjaan baru.

Arima membantu Hitomi untuk memperjuangkan haknya agar dapat dilindungi oleh hukum, Hitomi diperkenalkan dengan seorang pengacara yaitu teman sekelas Arima ketika berada di SMA yang bernama Kikuchi yang pada akhirnya membantu Hitomi mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintahan. Kikuchi mewawancarai orang-orang terdekat disekitar Hitomi untuk mendapatkan data yang dapat mendukung agar mendapat hak perlindungan dari pemerintah. Salah satu orang yang diwawancarai oleh Kikuchi adalah Makino, yang harus menceritakan kembali masa-masa awal ketika Hitomi masih menjadi Hitoshi. Makino menceritakan bahwa Hitoshi pernah mengungkapkan keiriannya pada Makino saat menyususi putra-putra mereka, selain itu Hitoshi sering tertangkap basah sedang mencoba rok-rok milik Makino dan senang saat menggunakan pakaian wanita milik Makino, payudara Hitoshi pun semakin hari semakin besar karena dioperasi oleh Hitoshi dan semakin menunjukkan bahwa Hitoshi ingin menjadi wanita. Sampai akhirnya Hitoshi memotong pergelangan tangannya karena putus asa dan memutuskan mengoprasi alat kelaminnya dan mengubahnya menjadi alat kelamin wanita.

Dalam perjuangannya mendapatkan pengakuan dan perlindungan hukum dari pemerintah, Hitomi sempat membantu seorang anak laki-laki berumur 20 tahun yang bernama Kayama. Kayama memiliki masalah yang sama dengan Hitomi, yaitu merasa diri perempuannya terperangkap di dalam tubuh laki-laki. Kayama tinggal bersama kakeknya yang menentang adanya perubahan gender, orang tua kayama meninggal dunia karena kecelakaan. Dengan gigihnya, Hitomi meyakinkan kakeknya tersebut, sehingga kakeknya dapat menerima perubahan gender yang dilakukan oleh Kayama. Untuk membalas semua yang sudah dilakukan oleh Hitomi, Kayama membantu Hitomi dalam upayanya untuk mendapatkan pengakuan dan perlindungan hukum dari pemerintah. Hal tersebut membuat hubungan Hitomi dan Arima semakin dekat. Kedekatan mereka ternyata bersamaan dengan kedekatan antara Shun dan Yuji. Shun akhirnya memutuskan untuk tidak mejalin hubungan yang lebih dalam dengan Yuji karena mengetahui Hitomi jatuh cinta kepada Arima. Akan tetapi mereka menyadari kalau mereka tidak dapat bersatu dan memutuskan untuk tetap seperti sebelumnya. Tetap menjadi teman sekaligus tetangga yang baik hati untuk Hitomi.



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar